header besar

Referral Banners Referral Banners Referral Banners

Halaman Saya

Rabu, 21 Desember 2011

Cara Cara Promosi Trebaik

"cara-cara promosi"Kunci dari sebuah bisnis adalah pada “marketing!” sehebat dan sedahsyat apapun produk maupun jasa yang kita sediakan jika promosinya tidak mengena maka hancurlah sudah. Lantas bagaimanakah cara-cara promosi yang baik dan efektif? Bagaimana penawaran kita bisa menjadikan prospek menjadi pelanggan? Menjadikan subcriber menjadi pembeli?
Ada 5 tips usaha marketing yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Tips lanjutan akan saya publish pada postingan selanjutnya. Berikut adalah 5 usaha marketing yang bisa kita lakukan:


  1. Posisikan kita sebagai pelanggan
  2. Branding
  3. Perbanyak penerima tawaran
  4. Perbesar jumlah pembeli
  5. Buat mereka membeli berkali-kali
Mari kita bahas satu per satu…
Posisikan kita sebagai pelanggan
Cara inilah yang lebih baik, dimana kita membaca apa yang kita tawarkan seolah kita sendiri yang sedang menerima tawaran tersebut. Sehingga pada saat kita membuat sebuah penawaran menjadi sangat hati-hati dan memikirkan bagaimana orang lain yang merupakan target market kita jadi tertarik dan tergila-gila dengan penawaran yang kita buat.
Mengertilah bahwa pelanggan ingin untung sehingga kita harus membuat mereka seolah win. Orang hanya akan membeli saat mereka butuh dan saat mereka merasa mendapatkan keuntungan yang lebih. Buat penawaran yang seolah “orang yang mendapat tawaran itu merasa Goblok” (maaf) jika tidak membeli dari anda. Jika anda mempromosikan lewat internet (tulisan: brosur, dll) maka belajarlah ilmu Copywriting. Panduan Basic Copywriting tersedia di RumusSukses.com mulai tanggal 25 Januari 2011.
Branding
Proses ini cukup penting, dimana Anda harus benar nyata sebagai orang penting yang menjual produk penting di mata para calon konsumen Anda. Jika Anda lihat iklan di TV anda akan melihat artis-artis terkenal dijadikan icon sebuah produk bermerk. Anda tidak perlu sewa artis, cukup lakukan bagaimana cara supaya pelanggan percaya kepada Anda. Perhatikan refutasi dan profesionalitas Anda di mata para pelanggan Anda. Mereka yang membeli adalah mereka yang percaya.
Perbanyak jumlah penerima tawaran produk atau jasa yang kita sediakan
Walau bagaimanapun juga bisnis yang sukses adalah bisnis yang ramai, jadi solusinya adalah kita harus membuat bisnis kita ini ramai yang melihat. Jika anda berbisnis internet, maka perbanyaklah jumlah kunjungan ke halaman yang memuat produk atau jasa yang anda promosikan. Rumusnya sangat sederhana Traffic x Konversi = Duit. Perbanyak trafiic dan terus tingkatkan konversi tawaran Anda. Konversi gambarannya seperti berikut, misal ada 100 pengunjung yang membaca penawaran dari Anda, dan 10 dari 100 orang tersebut membeli, maka konversi surat penawaran Anda adalah 10%. Paham ya?
Jika anda berbisnis di dunia offline, maka Anda harus perhitungkan cara-cara promosi yang lebih efektif. Misal ketika Anda memasang iklan di koran atau memasang spanduk, maka buatlah headline yang memukau yang mampu menyedot orang untuk mau membaca penawaran dari Anda. Perhatikan jenis tulisan dan Headline Anda. Kuncinya iklan itu berada di headline, maka buatlah headline yang memukau dan menyita perhatian orang.
Perhatikan pula gambar, gambar yang anda gunakan Gambar yang menarik . Tapi tetap perhatikan headline, karena yang menjual bukan gambar tapi headline anda. Jika anda mau membuat list Anda buncit, maka buatlah headline pada penawaran masuk ke list Anda itu dengan tulisan yang berbeda dan berukuran besar juga mampu membuat orang mau masuk ke list Anda. Bisa Anda lihat sebelah kanan blog saya ini.
Perbanyak jumlah pembeli
Pastikan produk Anda benar-benar “wah” dan layak dijual dengan harga istimewa dan membuat orang mau dengan sendirinya melakukan promosi ke para tentangga kerabat dan lain sebagainya. Cara ini bisa anda lakukan dengan memberikan kualitas produk dan layanan yang memang layak jadi pembicaraan orang. Buat orang mudah mengingat produk Anda dan permudah mereka mendapatkanya.
Setelah Anda banyak membuat penawaran yang sedemikian sehingga orang mau membeli tehnik selanjutnya adalah “cara menyampaikannya!”. Ingat, sebagus apa pun konsep (promosi) yang kita buat tapi penyampainnya kurang mengena, maka hasilnya pun tidak akan mengena. Hati-hati jika anda menggunakan karyawan anda dalam menangi hal ini, tempatkan ahlinya untuk melaksanakan hal ini.
Cara menyampaikannya adalah dengan memberikan nilai tambah pada produk Anda. Nilai tambah seperti apa? Sudah pernah saya bahas pada postingan sebelumnya yang berjudul “Nilai Tambah dan Faktor Kali dalam Berbisnis Online Maupun Offline“
Perbanyak jumlah pembelian dari orang yang sama
Mempersering penjualan terhadap orang yang sama dan berikan viral effect. Anda bisa gunakan cara yang lebih efektif untuk bagaimana si pelanggan tetap mau membeli produk-produk Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan 4 poin yang sudah saya berikan di atas. Pelihara pelanggan Anda, berikan bonus pada hari-hari tertentu. Orang doyan yang namanya gratis.
Lebih detail lagi akan saya bahas pada postingan selanjutnya, sekian dulu. semoga bisa membantu anda menemukan cara-cara yang paling efektif untuk melakukan promosi baik itu produk ataupun jasa yang anda sediakan. Apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tinggalkan di kotak komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler