header besar

Referral Banners Referral Banners Referral Banners

Halaman Saya

Rabu, 21 Desember 2011

Cara Cara Promosi Terbaik Part 2

Melanjutkan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul “Cara-cara Promosi Yang Efektif Untuk Melipatgandakan Profit“, postingan kali ini akan membahas lebih rinci bagian-bagian dari bagaimana menerapkan teori yang sudah saya berikan sebelumnya. Pada postingan sebelumnya saya selalu mengatakan, perbanyak! perbanyak! perbanyak! seperti: perbanyak penerima tawaran, perbanyak jumlah pembeli, perbanyak jumlah pembelian dari orang yang sama.
Nah, cara itu bisa kita lakukan dengan beberapa cara berikut ini:
  1. List Building untuk melakukan Email Marketing
  2. Menciptakan Brand Awareness untuk Viral Marketing
Saya coba bahas satu per satu,

List Building untuk melakukan email marketing

Jika anda tanya metode pemasaran apa di internet yang paling mudah, cepat, dan tertarget? Maka hanya email marketing yang paling saya rekomendasikan. Semua Guru internet marketing di seluruh dunia juga menggunakan email marketing dalam memasarkan produknya di internet.
Namun, sebelum anda bisa melakukan kampanye email promosi, sudah tentu anda wajib membangun daftar kontak target market anda, yang itu dia dinamakan List Building / membangun daftar prospek.
Jadi, jika ingin penghasilan anda tetap bahkan meningkat, solusinya adalah membangun list sejak awal. Karena akan sangat sia-sia ketika anda bersusah payah mendatangkan traffic (arus pengunjung) ke situs anda, jika tidak sama sekali situs anda bisa “menangkap” data contact / info si pengunjung.
Dengan “menangkap” info si pengungjung / list building, ada 3 manfaat yang akan kita peroleh:
  1. Kalaupun hanya 2% saja dari semua kunjungan yang membeli langsung, anda bisa follow-up via email 98% pengunjung yang tidak langsung membeli, supaya mereka membeli di kemudian hari.
  2. Kemudian kepada 2% pengunjung yang telah membeli, anda bisa menawarkan produk anda yang lainnya di kemudian hari, produk orang lain / produk partner dan anda mendapat komisi dari hasil penjualan produk orang tersebut. Sehingga pada akhirnya anda bisa meningkatkan omzet penjualan. Artinya, Omzet naik ya profit pun naik, bukan?
  3. Meningkatkan traffic ke situs anda setiap saat. Misalnya anda ingin meningkatkan jumlah views setiap kali situs anda update, katakan saja itu wordpress blog, ketika anda update artikel terbaru, silahkan informasikan kepada mereka untuk membaca postingan terbaru anda. Sehingga blog anda selalu ramai. Blog ramai = ranking naik, ranking naik semakin dipercaya. Kerja keras mendatangkan traffic jadi lebih mudah hanya dengan menekan tombol broadcast.

Menciptakan Brand Awareness Dan Rasakan Viral Effect!

Brand Awareness adalah kemampuan seorang potensial buyer untuk mengenal, mengingat, dan langsung ngeuh bahwa sebuah merk merupakan bagian dari kategori produk tertentu. Memang terdapat banyak sekali level dari yang disebut Brand Awareness. Tapi, nanti saja saya akan bahas lebih khusus lagi pada postingan selanjutnya mengenai level-level dari Brand Awareness.
Brand awareness di sini contohnya: ketika saya mengatakan “Sepeda Motor”, mungkin di benak anda akan langsung muncul berbagai merk sepeda motor, tapi coba tanyakan kepada diri anda sendiri apa yang muncul pertama kali di benak anda? Honda, kah? Yamaha, kah? Dan yang pertama kali muncul itulah yang disebut Top Of Mind.
Semua orang yang meluncurkan produk biasanya memikirkan hal ini, bagaimana supaya kategori sebuah produk disebut, produk dialah yang jadi nomor satu di benak orang-orang.
Menciptkan hal ini memang sulit, tapi tunggu dulu. Itu bisa anda ciptakan dengan metode pengulangan. Semakin anda mengulang, semakin sering target market anda ingat, maka semakin dia akan menyimpannya diurutan pertama. Pengulangan ini bisa anda ciptakan dengan follow-up prospek anda secara berkala menggunakan email. Tentu saja peran list building pun semakin kuat di sini. Anda juga bisa menyebar iklan di situs-situs yang ramai, di jejaring social, atau melalui blog.
Ada kah viral effect padanya? Jelas ada, misal ketika seorang teman meminta anda memberikannya saran untuk membeli sebuah sepeda motor, bukankah anda akan menyebutkan sebuah brand yang paling anda ingat? Viral marketing pun secara tidak langsung akan tercipta jika Anda berhasil menciptakan brand awareness pada produk / bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler