header besar

Referral Banners Referral Banners Referral Banners

Halaman Saya

Rabu, 21 Desember 2011

Nilai Tambah dan Faktor Kali dalam Berbisnis Online Maupun Offline

meningkatkan penjualanPernah membaca “24 prinsip milyarder yang mencerahkan” buah tangan dan pemikiran dari pelatih No.1 Indonesia? Ya, Tung Desem Waringin. Sedikit saya akan gambarkan di postingan kali ini. Mari kita bahas.
Orang yang sukses dan berhasil dapat dipastikan melakukan berbagai hal yang orang lain tidak melakukannya (orang gagal). Dan inilah yang membedakan apa yang orang sukses dan orang gagal terima. Pasti hasil yang mereka dapatkan akan berbeda. Lebih jelasnya “Orang sukses pasti akan mendapatkan hal-hal yang orang gagal tidak dapatkan.”
Nah, di sinilah mengapa orang kaya dapat mengumpulkan uang ratusan kali lebih banyak  dan lebih cepat dibandingkan dengan orang biasa dalam waktu yang bersamaan (Yang miskin makin miskin, yang kaya makin kaya). Salah satunya adalah karena orang kaya menggunakan faktor kali dan selalu memeberikan nilai tambah.
Orang yang biasa-biasa saja memang memiliki nilai tambah tetapi lupa menggunakan faktor kali. Jadi jika ingin bisnis kita melesat jauh dan sukses spektakuler bak Bill Gates, selain nilai tambah gunakan pula faktor kali. Nah, sebelum lebih jauh lagi tentang faktor kali, saya akan bahas terlebih dahulu “nilai tambah” yang diperlukan dalam sebuah bisnis dan apa sih nilai tambah itu?
Nilai Tambah
Suatu contoh, anda melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan, jauh sebelumnya anda sudah berpengalaman bekerja dan sukses dalam berkarir, prestasi anda gemilang dan tidak memiliki cacat dalam berbagai kasus kriminal. Nah, itu semua adalah nilai tambah yang ada pada diri anda. Paham yah, itu simplenya.
Contoh untuk bisnis online:
Anda memiliki produk yang di pasarkan secara online, anda bisa memberi nilai tambah seperti;
  • Bonus dan diskon
  • Garansi uang kembali
  • Support full
  • Branding yang menakjubkan
  • Menyediakan berbagai fasilitas dari kelas rendah sampai kelas tinggi
  • Memberikan fasilitas pembayaran yang memudahkan
Yang pasti usahakan selalu memberikan nilai tambah dari mulai planing – marketing – after sales. Ingat, dalam berbisnis orang biasanya lupa ketika sudah menjual mereka beranggapan bahwa tugasnya sudah selesai. Layanan purnajurnal (after sales) merupakan hal yang harus diprioritaskan untuk memelihara pelanggan. Supaya anda bisa menjual bukan hanya pada saat itu saja. Melainkan bisa berkali-kali. Misalkan ketika anda menjual sebuah produk katakanlah Emas (bukan Mas Jowo, yo! Hehe) anda bisa mengirimkan ucapan selamat hari raya,  memberikan kalender setiap tahun, dll. Saya jamin siapa pun yang menerapkan semua ini dalam bisnis apa pun itu, bisa sukses spektakuler.
Untuk branding, saya contohkan AndhikaWijayaKurniawan.com yang menyediakan jasa branding blog dari mulai kelas ringan sampai kelas berat (kaya mau tinju ajah nih). Sempat baca beliau lagi promo untuk akhir bulan ini karena ada 3 hal yang menurutnya di bulan desember ini sangat istimewa. Lihat saja di sini. Branding cukup bagus. Blognya bikin saya terbelalak. Tersusun rapi dan tampil elegant. Ini nilai tambah yang beliau miliki. Sedangkan untuk produknya “Mendulang Dollar Dari Fiverr” saya rasa untuk kualitas sudah sangat baik. Tapi marketingnya serasa ada yang kurang yaitu “tidak menerapkan sistem affiliasi”. Tapi mungkin beliau memberikan nilai tambah dengan cara menjualnya pula di kutubuku.com
Satu lagi contoh nilai tambah yang diberikan oleh Dr.Purba. (Ini dia yang menjawab bahwa siapa pun bisa melakukan online bussiness. Meskipun dokter tapi berbisnis online pula). Untuk Dr.Purba yang menggeluti bisnis jasa hosting dan Radio Streaming memberikan pelayanan after sales yang dahsyat (menurut saya). Support penuh dan cepat ketika ada masalah (untuk hostingnya sih jarang ada masalah, tapi saya sendiri yang suka bermasalah, hehehe… dibantu penuh tuh), harganya miring abis. Hehe…
Contoh lainnya:
  • Beli handphone gratis softwarenya, sarung, dll
  • Beli sepatu gratis kaos kaki
  • Beli Emas gratis payung
Ya, saya rasa untuk nilai tambah sudah sangat jelas. Prinsipnya berikanlah nilai tambah dari mulai Plan sampai dengan After sale. 

Faktor kali
Apa yang mencakup faktor kali? dan apa itu faktor kali dalam bisnis? Pentingkah? Yu, mari kita bahas..
Orang yang sudah memiliki nilai tambah akan tetap kurang baik pula jika tidak menerapkan faktor kali. Sebuah contoh dalam bisnis internet adalah dengan memberikan sistem affiliate pada media penjualan produknya. Affiliate ini bisa memberikan effect Viral Marketing (Pada postingan selanjutnya akan saya bahas tentang viral marketing,  Menyebar bak virus yang cepat, karena tenaga promosi bertambah tanpa biaya dan terus bertambah jika semakin banyak yang membeli. Inilah yang terjadi dirumussukses.com. Dalam waktu kurang dari 1 tahun sudah mencapai 1540 subcriber dan penjualan mencapai 612 (ini baru dari satu website, belum produk saya yang lainnya). Sudah saya tunjukan pada postingan sebelumnya.
Perusahaan yang perkembangannya lambat biasanya karena sistem masih menggunakan faktor penjumlahan seperti 1+1=2, 10+10=20. Nah inilah yang menyebabkan perkembangannya lambat.  Tapi, jika kita menggunakan faktor kali yang terjadi seperti: 4×4=16 dan 10×10=100. Hasilnya pasti berbeda, dan tentunya hasil akan jauh lebih besar. Dalam hal ini biasanya untuk bisnis yang menerapkan sistem MLM. So, jangan berpandangan negatif yah dengan MLM (Saya sendiri memang tidak menggeluti bisnis MLM).
Semoga bermanfaat, saya tunggu pendapat terbaik anda di kotak komentar di bawah ini.
Be YOUR SUPER Self...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler